Rabu, 29 Desember 2010

Berhenti sejenak, merenung

Saat terjebak dalam rutinitas , seringkali membuat otak kita buntu dan malas untuk berpikir. Rutinitas telah membuat kotak tersendiri di dalam otak, sehingga tindakan kita cenderung hanya mengikuti apa yang sudah ada tanpa mau melakukan perubahan. Dan pada akhirnya membentuk sesuatu yang disebut “Kebosanan” karena otak kita sudah terlatih dengan pola “Lets Do the Job”.

Pola “Lets Do the Job” menjadikan kita hanya melakukan sesuatu yang sama berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya dan memiliki kemungkinan untuk melakukan kesalahan yang sama seperti para pendahulunya.

Pernahkah kita meluangkan waktu kita untuk sekejap berhenti sejenak dari rutinitas untuk berpikir dan merenung???

Luangkan waktu 5-10 menit setiap hari untuk berpikir dan merenung. Tempatkan diri di posisi lebih tinggi untuk melihat lebih luas. Biarkan imajinasi berkembang melebihi batasnya, kembalilah ke imajinasi kekanak-kanakan, hilangkan semua batas dan kotak yang membelenggu otak. Pikirkan hal-hal yang tidak mungkin. Melihat film kartun, membaca komik strip, mencari gambar2 lucu, akan membuat perasaan senang dan mereduksi kemungkinan stres.

Dengan memikirkan hal-hal imajinatif, maka otak akan menjadi kreatif, sehingga apabila dihadapkan pada persoalan rutin, otak mampu mencari pemecahan yang baru dan lebih efisien…

Maka biarkanlah imajinasi berkembang, pertahankan jiwa kekanakanakan di dalam diri anda…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar